Analisis Keputusan Mufti Negeri Kedah Terhadap Upaya Menghidupkan Kembali Darul Arqam Melalui Syarikat Rufaqa’ dan Jaringan Perusahaannya

Nur Nikmah binti Fazil, 170302024 (2023) Analisis Keputusan Mufti Negeri Kedah Terhadap Upaya Menghidupkan Kembali Darul Arqam Melalui Syarikat Rufaqa’ dan Jaringan Perusahaannya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Keputusan Mufti Negeri Kedah Terhadap Upaya Menghidupkan Kembali Darul Arqam Melalui Syarikat Rufaqa’ dan Jaringan Perusahaannya] Text (Analisis Keputusan Mufti Negeri Kedah Terhadap Upaya Menghidupkan Kembali Darul Arqam Melalui Syarikat Rufaqa’ dan Jaringan Perusahaannya)
Nur Nikmah Binti Fazil, 170302024, FUF, AA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan studi atas keputusan Mufti Negeri Kedah mengenai upaya menghidupkan kembali Darul Arqam melalui Syarikat Rufaqa’ dan jaringan perusahaannya. Penelitian ini dilakukan bukan hanya mengungkapkan kekeliruan aqidah yang diamalkan oleh jamaah Darul Arqam, namun diupayakan sebagai ikhtiar bagi menjaga aqidah umat Islam dari penyimpangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya, prilaku, persepsi, minat, motivasi, tindakan, dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Metode pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan Library Research (kajian kepustakaan). Hasil penelitian mendapati bahwa terdapat persamaan antara ajaran Darul Arqam dan Syarikat Rufaqa’. Hal itu telah membuktikan bahwa ternyata ada upaya untuk menghidupkan kembali Darul Arqam. Dalil-dalil dari al-Quran dan Hadits juga telah diangkat seterusnya membuktikan kesesatan yang dilakukan oleh Darul Arqam dan Syarikat Rufaqa’ terutamanya mengenai ajaran yang terdapat dalam Aurad Muhammadiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 209 Sekte dan Gerakan Pembaharuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Nur Nikmah Binti Fazil
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:52
Last Modified: 11 Jan 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25456

Actions (login required)

View Item
View Item