Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Peserta Didik Tingkat Sma

Arif Noprianda, 170204057 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Peserta Didik Tingkat Sma. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Peserta Didik Tingkat Sma] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Fluida Dinamis Untuk Peserta Didik Tingkat Sma)
Arif Noprianda, 170204057, FTK, PFS, 082260678844.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri pada materi Fluida Dinamis dan untuk mengetahui tingkat kelayakan LKPD berbasis Inkuiri pada materi Fluida Dinamis, metode yang digunakan adalah menggunakan metode R&D (Research and Development) dan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah ADDIE. ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu terdiri dari tahapan Analysis, Desaign, Development, Implementation dan Evaluation. Instrument yang digunakan dalam peneltian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Fluida Dinamis untuk Peseta Didik Tingkat SMA ini berupa lembar validasi yang dinilai oleh validator ahli materi, ahli media, guru dan juga respon peserta didik. Hasil tahap pengembangan diperoleh hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dengan memperoleh skor rata-rata yakni 93,33% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata yakni 94,75% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan validasi oleh guru diperoleh skor rata-rata yakni 92,50% dengan kategori sangat layak. Serta respon peserta didik yang didapatkan setelah melakukan uji coba produk dalam skala kecil pada tahap implementasi dengan nilai 82,72% dengan kategori sangat layak. Jadi, setelah melakukan uji coba produk dalam skala kecil dan melakukan evaluasi terhadap LKPD yang telah dikembangkan ini, maka dapat disimpulkan bahwa, LKPD Fisika Berbasis Inkuiri pada materi Fluida Dinamis untuk Peserta Didik tingkat SMA layak digunakan dalam peroses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan (LKPD) , Inkuiri, Fluida.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Arif Noprianda Arif
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:59
Last Modified: 11 Jan 2023 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25458

Actions (login required)

View Item
View Item