Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara

Hikmah Mauliza, 180207022 (2023) Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara] Text (Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara)
Hikmah Mauliza, 180207022, FTK, PBL, 085358615837.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik, nanum karena kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan rendahnya Aktivitas Siswa XI IPA I di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara yang pada akhirnya berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan penerapan Media Pembelajaran Monopoli pada materi Sistem Pencernaan Manusia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam 3 siklus. Subjek penelitian menggunakan teknik non probability sampling yaitu guru (peneliti) dan seluruh siswa kelas XI IPA I yang berjumlah 25 siswa. Tempat penelitian di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon Aceh Utara pada bulan September dan Oktober 2022. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengetahui Aktivitas Guru dan Siswa, serta tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan essay masing-masing 5 butit soal dengan jumlah 10 butir setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada Aktivitas Guru dan Siswa sehingga dapat tercapainya ketuntasan klasikal. Persentase Aktivitas Guru pada siklus I yaitu 80,95% meningkat menjadi 85,11% pada siklus II dan 95,82% pada siklus III. Aktivitas Siswa pada siklus I yakni 61,76% meningkat menjadi 70,58% pada siklsu II, dan 86,76% pada siklus III. Hasil belajar siswa siklus I mendapakan nilai N-gain 0,62 meningkat menjadi 0,65 pada siklus II dan 0,70 pada siklus III dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Hikmah Mauliza
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:55
Last Modified: 11 Jan 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item
View Item