Dampak Seksisme Terhadap Peluang Perempuan Muslim dan Buddha dalam Mendapatkan Pekerjaan di Klang, Selangor

Anis Aqilah Binti Hamit, 170302023 (2023) Dampak Seksisme Terhadap Peluang Perempuan Muslim dan Buddha dalam Mendapatkan Pekerjaan di Klang, Selangor. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dampak Seksisme Terhadap Peluang Perempuan Muslim dan Buddha dalam Mendapatkan Pekerjaan di Klang, Selangor] Text (Dampak Seksisme Terhadap Peluang Perempuan Muslim dan Buddha dalam Mendapatkan Pekerjaan di Klang, Selangor)
Anis Aqilah Binti Hamit, 170302023, FUF,SAA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Seksisme adalah salah satu bentuk diskriminasi yang berlaku terhadap jenis kelamin tertentu yang dianggap lebih rendah tanpa menilai seseorang sebagai seorang individu dengan adanya penilaian negatif terhadap seseorang itu. Seksisme ini terjadi di seluruh dunia termasuk Malaysia dan terjadi di seluruh sektor, salah satunya adalah sektor pekerjaan. Hal ini dialami oleh semua agama. Oleh sebab itu, penulis mengkaji tentang Dampak Seksisme Terhadap Perempuan Muslim dan Buddha dalam Mendapatkan Pekerjaan. Dalam penelitian ini penulis membahas beberapa rumusan masalah yaitu eksistensi seksisme di Malaysia serta dampak seksisme terhadap peluang perempuan Muslim dan Buddha dalam mendapatkan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dampak seksisme ini terjadi di kalangan pekerja perempuan Muslim dan Buddha di Klang, Selangor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak dari seksisme masih berlaku terhadap perempuan yang bekerja di Malaysia. Pekerja perempuan baik Muslim dan Buddha kedua-duanya mengalami dampak seksisme positif dan negatif dalam sektor pekerjaan. Seperti kurang mendapatkan promosi kenaikan jabatan, belum mendapatkan hak menstruasi, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 304 Faktor yang mempengaruhi tingkah laku sosial > 304.5 Faktor genetika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Anis Aqilah Binti Hamit
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:53
Last Modified: 11 Jan 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25461

Actions (login required)

View Item
View Item