Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Kumon Pada Siswa Kelas VII SMP/MTs

Tiara Setiawan Putri, 170205105 (2023) Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Kumon Pada Siswa Kelas VII SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Kumon Pada Siswa Kelas VII SMP/MTs] Text (Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Kumon Pada Siswa Kelas VII SMP/MTs)
Tiara Setiawan, 170205105, FTK, PMA, 082277401296.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Guru yang cenderung hanya menyampaikan materi dan siswa hanya mendengarkan penjelasan tanpa terlibat aktif dalam pembelajaran menyebabkan siswa kurang percaya diri dalam memecahkan masalah matematika. Metode kumon merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan melalui metode kumon dengan hasil belajar yang diajarkan melalui pembelajaran konvensional di SMPS Raudhatul Jannah. Penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Raudhatul Jannah. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan dengan metode kumon dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung=3,54 dan t_tabel=1,67 maka t_hitung>t_tabel terima H_1 tolak H_0. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan Metode Kumon lebih baik dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Kumon, Hasil Belajar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Tiara Setiawan
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:56
Last Modified: 11 Jan 2023 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25462

Actions (login required)

View Item
View Item