Keanekaragaman Burung Di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Socfindo Nagan Raya Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 2 Darul Makmur

Dwi Purwani, 150207134 (2022) Keanekaragaman Burung Di Kawasan Perkebunan Kelapa Sawit PT. Socfindo Nagan Raya Sebagai Referensi Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 2 Darul Makmur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keanekaragaman Burung] Text (Keanekaragaman Burung)
Dwi Purwani, 150207134, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Keanekaragaman spesies burung yang ditemukan dalam suatu kawasan dapat menjadi indikator apakah lingkungan tersebut mendukung kehidupan suatu organisme atau tidak. Lokasi penelitian dikawasan perkebunan kelapa sawit masih terlihat aktivitas burung, hal ini di dukung karena masih adanya sumber makanan seperti biji-bijian yang tumbuh disekitar perkebunan kelapa sawit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman spesies burung, mengetahui indeks keanekaragam dan kelayakan output majalah. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode titik hitung (Point count), dengan jumlah titik pengamatan sebanyak 6 titik. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekaragaman yaitu Shannon Wiener dan untuk mengidentifikasi burung menggunakan buku Jhon Mackinnon. Hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan 15 spesies dari 15 famili (87 individu). Hasil perhitungan indeks keanekaragaman termasuk dalam kategori sedang dengan nilai indeks keanekaragaman H’=2,1887. Hasil uji kelayakan output majalah diperoleh 81,5% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dwi Purwani Dwi
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:44
Last Modified: 12 Jan 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25479

Actions (login required)

View Item
View Item