Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

Raja Arif Munandar, 170604074 (2022) Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia] Text (Pengaruh Inflasi dan Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia)
Raja Arif Munandar, 170604074, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikelompokkan kedalam negara yang sedang dalam tahap perkembangan. Dalam tahap perkembangan negara berkembang umumnya mempunyai masalah masalah ekonomi ekonomi makro, salah satunya tentang lambatnya pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi menjadi satu gambaran peningkatan atau penurunan GDP riil pada suatu negara tersebut yang ditandai dengan adanya kenaikan dalam standart pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan dalam kegiatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengatahui berapa besar pengaruh secara persial maupun simultan pada variabel inflasi, tingkat pengangguran terhadap pertumbuhan ekonomi dengan menggunakan data dari tahun 1990 – 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif data sekunder time series yang datanya di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Metode yang digunakan analisis regresi linier berganda (OLS) dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara persial Variabel Inflasi (X1) menunjukkan nilai signifikansi dengan nilai dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel inflasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedangkan Variabel Tingkat Pengangguran (X2) menunjukkan nilai signifikansi dengan nilai dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel tingkat pengangguran tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Raja Arif Munandar Raja
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:15
Last Modified: 16 Jan 2023 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25480

Actions (login required)

View Item
View Item