Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Fluida Statis Untuk Peserta Didik Kelas XI Tingkat SMA/MA

Fatia Nurul Asma, 180204023 (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Fluida Statis Untuk Peserta Didik Kelas XI Tingkat SMA/MA. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Modul] Text (Modul)
Fatia Nurul Asma, 180204023, FTK, PFS, 081388677863.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi mutu pedidikan ialah kurangnya ketersediaan bahan ajar. Selain itu pembelajaran yang berfokus pada pendidik menyebabkan kurangnya peran aktif peserta didik dalam pembelajaran menjadi faktor pendukung yang menyebabkan merosotnya pendidikan di Indonesia. Setelah melakukan observasi di kelas XI-IPA SMAN 1 Darussalam selama dua bulan diperoleh bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah LKS, tidak adanya penggunaan laboratorium, kurangnya peran aktif peserta didik dalam pembelajaran dan materi yang sulit mereka pahami ada fluida statis terutama didalam ruang tertutup. Dari masalah tesebut akhirnya dilakukanlah penelitian dan pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis PjBL pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI tingkat SMA/MA. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk melihat desain dan juga tingkat kelayakan modul dari segi ahli media dan ahli materi. Metode yang digunakan adalah R&D dengan menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Desain modul dibuat menarik. Dari hasil validasi ahli media didapatkan persetase kelayakan 95,625% berkategori sangat layak sedangankan hasil validasi ahli materi dengan persentase kelayakan 92,5% berkategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Fatia Nurul Asma Fatia
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:47
Last Modified: 12 Jan 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25481

Actions (login required)

View Item
View Item