Pola Asuh Single Parent Terhadap Anak Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)

Hikmah Yati Amir, 180101070 (2022) Pola Asuh Single Parent Terhadap Anak Menurut Hukum Islam (Studi Kasus di Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hukum Islam] Text (Hukum Islam)
Hikmah Yati Amir, 180101070, FSH, HK, 082293698206.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pola asuh single parent terhadap anak menurut hukum Islam. Seharusnya single parent mampu memberikan pendidikan dan pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya meskipun ia melakukan pengasuhan anak seorang diri tanpa kehadiran seorang suami, namun fakta yang terjadi ditemukan bahwa single parent belum mampu untuk melakukan hal tersebut, diakibatkan ia tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus anak-anaknya sebab waktunya telah dihabiskan untuk mencari nafkah guna memenuhi kebutuhan keluarganya. Penelitian ini memiliki 2 rumusan masalah: pertama, bagaimana pola asuh terhadap anak yang dilakukan single parent di Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Kedua, bagaimana dampak pola asuh single parent terhadap anak yang di asuhnya di Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan menurut hukum Islam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan dan kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa single parent memiliki pola asuh yang sama dengan orang tua pada umumnya, hanya saja pola asuh yang diterapkan oleh single parent tidak bisa diterapkan dengan maksimal, karena seorang single parent memiliki peran ganda yaitu ia juga harus menjadi tulang punggung keluarga. Terhadap pola asuh yang diterapkan oleh single parent terdapat dampak positif, yaitu anak menjadi karakter yang mandiri dan disiplin, menghargai orang yang lebih tua, memiliki jiwa yang bebas dan mudah bergaul. Dan dampak negatifnya ialah anak menjadi mudah stress akibat tekanan, mendapatkan luka pengasuhan, melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan lain sebagainya. Kedua dampak ini tergantung dari pola pengasuhan yang diterapkan oleh orang tuanya, baik itu pengasuhan otoriter, demokratis atau permisif. Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa memberikan pola asuh yang baik merupakan tugas orang tua dalam mendidik anak, karena pola asuh dari orang tua sangat mempengaruhi perkembangan karakter, sikap dan mental anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: HIkmah Yati Amir Hikmah
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:45
Last Modified: 12 Jan 2023 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item
View Item