Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Lhoknga Beton Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Akad Hibah (Studi Penelitian Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)

Risky Nurjannah, 180102158 (2022) Pengaruh Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Lhoknga Beton Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Dalam Perspektif Akad Hibah (Studi Penelitian Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Implementasi] Text (Pengaruh Implementasi)
Rizky Nurjannah, 180102158, FSH, HES, 082370535292.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Program CSR merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. PT Lhoknga Beton salah satu perusahaan yang bergerak dibidang usaha kontruksi dan memiliki kewajiban berkontribusi dalam bentuk CSR. Dalam penerapannya, CSR yang diberikan oleh PT Lhoknga Beton belum berdampak terhadap pengembangan ekonomi dan sosial masyarakat. Pada skripsi ini, yang menjadi rumusan masalah ialah, pertama bagaimana bentuk-bentuk penyaluran dana CSR PT Lhoknga Beton terhadap bantuan sosial di masyarakat sekitar perusahaan. Kedua bagaimana tinjauan konsep hibah terhadap implementasi CSR pada PT Lhoknga Beton untuk kesejahteraan masyarakat. Metode penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama penyaluran dana CSR PT Lhoknga Beton diperuntukkan untuk bantuan sosial, pembangunan fasilitas umum, dan lingkungan. Dalam pelaksanaannya, bentuk penyalurannya ini didasarkan oleh pengajuan proposal dari masyarakat yang mana hal tersebut bersifat konsumtif dan tidak ada kajian dari pihak PT Lhoknga Beton untuk memberikan bantuan dana terhadap kebutuhan masyarakat dalam pembangunan ekonomi masyarakat. Kedua, pelaksanaan CSR yang diterapkan oleh PT Lhoknga Beton dalam perspektif hibah sudah sesuai dengan prinsip hibah. Dalam penyaluran dana CSR pihak perusahaan tidak pernah meminta balasan dalam bentuk apapun. Karena CSR yang diberikan bersifat konsumtif maka dalam pengawasannya Pemerintah Daerah hanya terbatas sebagai monitoring saja bukan menjadi wewenangnya. Namun jika ditinjau dari aspek pembangunan ekonomi berkelanjutan, penyaluran dana CSR dengan akad hibah belum memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Risky Nurjannah Risky
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:47
Last Modified: 12 Jan 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25484

Actions (login required)

View Item
View Item