Tinjauan Operasional Hotel Syariah Dalam Perspektif Bisnis Islam di Kota Banda Aceh (Studi Pada Mita Mulia Hotel dan Hotel Grand Lambhuk)

Misnandayani, 180602150 (2022) Tinjauan Operasional Hotel Syariah Dalam Perspektif Bisnis Islam di Kota Banda Aceh (Studi Pada Mita Mulia Hotel dan Hotel Grand Lambhuk). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Operasional Hotel] Text (Operasional Hotel)
Misnandayani, 180602150, FEBI, ES, 085262302115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan hotel syariah tidak dapat dipisahkan dari konsumen Indonesia, khususnya di Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif ialah Hasil penelitian menunjukkan bahwaoperasional hotel syariah di Kota Banda Aceh studi pada Mita Mulia Hotel dan Hotel Grand Lambhuk, dalam segi fasilitas dan sudah sesuai dengan konsep hotel dalam perspektif syariah. Namun, kedua hotel tersebut belum memiliki sertifikat halal sehingga belum bisa dikatakn sepenuhnya hotel “Syariah”. Peluang dan hambatan Operasional Hotel syariah di Kota Banda Aceh ialah sangat besar dikarenakan penduduk Kota Banda Aceh bermayoritas muslim, Aceh dikenal dengan kota yang menerapkan syariat Islam atau “serambi mekah” sehingga banyak pengunjung atau wisatawan muslim yang datang dan memilih hotel syariah sebagai tempat menginap. Sedangkan hambatan dari penerapan operasional hotel di Kota Banda Aceh ialah terkadang belum konsisten pengusaha hotel menerapkan SOP berprinsip syariah dan terlalu memikirkan sulit untuk menjalankan operasional hotel berbasis syariah. Dukungan pemerintah terhadap operasional hotel syariah di Kota Banda Aceh saat ini pemerintah Kota Banda Aceh memberikan dukungan berupa apresiasi kepada pelaku hotel yang menjalankan operasional hotel dengan terus berpedoman pada syariat Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Misnandayani Yani
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:39
Last Modified: 12 Jan 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25487

Actions (login required)

View Item
View Item