Dampak Penyertaan Modal Desa Terhadap Badan Usaha Milik Desa Ujung Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil

Fauzi Kurniawan, 150802023 (2022) Dampak Penyertaan Modal Desa Terhadap Badan Usaha Milik Desa Ujung Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penyertaan Modal] Text (Penyertaan Modal)
Fauzi Kurniawan, 150802023, FISIP, IAN, 081269832411.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dalam membantu perekonomian desa, pemerintah melakukan program kebijakan yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pendapatan desa yakni melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dijalankan oleh pemerintah desa dan masyarakat. Namun, penyertaan modal yang diberikan kepada program BUMDes Makmur Sejahtera Desa Ujung ternyata tidak berjalan sesuai harapan dengan adanya kendala yang dihadapi pada awal tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyertaan modal desa terhadap BUMDes Ujung dan bagaimana dampak penyertaan modal desa terhadap BUMDes Ujung Singkil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan deskripstif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyertaan modal BUMDes Ujung mempunyai anggaran penyertaan modal di tahun 2018, 2019, namun pada tahun 2020 anggaran penyertaan modal sudah tidak ada lagi karena wabah virus corona, anggaran ini dialihkan dan dipergunakan untuk penanganan Covid-19. Proses penyertaan modal desa dilakukan dengan adanya perencanaan pernyertaan modal desa, pelaksanaan program kegiatan, dan pertanggung jawaban pernyertaan modal atas program BUMDes. Dampak penyertaan modal terhadap perekonomian Desa tidak hanya pada profit saja yang berdampak, namun perekonomian masyarakat juga menjadi lebih baik dan meningkat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dampak penyertaan modal desa terhadap BUMDes Suka Makmur Desa Ujung Singkil ternyata tidak bertahan lama dan belum mampu menjalankan program yang sudah berjalan seperti yang direncanakan karena pengaruh Covid-19 yang muncul pada tahun 2020

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Fauzi Kurniawan Fauzi
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:51
Last Modified: 12 Jan 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25488

Actions (login required)

View Item
View Item