Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Soft Skill Siswa MAS Glumpang Tiga Kabupaten Pidie

Ari Maulana, 180201007 (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Soft Skill Siswa MAS Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ari Maulana,180201007,FTK,PAI,085214144481.pdf] Text
Ari Maulana,180201007,FTK,PAI,085214144481.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Strategi Guru PAI merupakan suatu perencanaan yang dilakukan oleh Guru PAI untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran, khususnya yang berkaitan dengan kepribadian atau soft skill siswa ke arah yang lebih baik. Akan tetapi, yang Peneliti dapatkan di lokasi penelitian banyaknya dari kalangan siswa yang soft skill nya belum terlihat baik, contohnya di dalam kelas saat guru sedang menjelaskan pelajaran, masih ada siswa yang berbicara. Bahkan ada sebagian siswa yang bertingkah laku dengan guru dan temannya yang kurang mencerminkan sopan santun. Dan yang sangat memprihatinkan masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini pertama, bagaimana strategi Guru PAI dalam pembelajaran soft skill siswa MAS Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Kedua, apa saja faktor-faktor yang dapat mendukung dan menghambat strategi Guru PAI dalam pembelajaran soft skill siswa MAS Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Ketiga, bagaimana implikasi strategi pembelajaran PAI terhadap pengembangan soft skill siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi Guru PAI dalam pembelajaran soft skill siswa MAS Glumpang Tiga yaitu Guru PAI membiasakan berkepribadian baik, Guru PAI menasehati siswa untuk berkepribadian baik, Guru PAI membimbing siswa yang soft skill nya kurang baik, dan Guru PAI menggunakan metode diskusi kelompok. Adapun faktor-faktor yang mendukung strategi Guru PAI pertama, faktor internal yaitu motivasi dalam diri siswa. Kedua, faktor eksternal yaitu orang tua dan lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat strategi Guru PAI pertama, faktor internal yaitu siswa yang malas. Kedua, faktor eksternal yaitu teman yang kurang baik dan media elektronik. Adapun strategi pembelajaran PAI dapat berimplikasi positif terhadap pengembangan soft skill siswa, karena banyak materi PAI yang berkaitan dengan soft skill. Apalagi jika Guru PAI menasehati siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung, serta membimbing siswa, maka soft skill siswa akan berkembang kearah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Maulana
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:14
Last Modified: 12 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25502

Actions (login required)

View Item
View Item