Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang Pasar Seutui Banda Aceh

Rafika Arraniri, 180604035 (2023) Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang Pasar Seutui Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang Pasar Seutui Banda Aceh] Text (Dampak Sosial Ekonomi Revitalisasi Pasar Tradisional Terhadap Pedagang Pasar Seutui Banda Aceh)
Rafika Arraniri, 180604035, FEBI, IE, 082185115037.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pasar tradisional sudah menjadi budaya bangsa Indonesia walaupun keberadaan pasar tradisional identik dengan kurangnya fasilitas, kebersihan lingkungan yang kurang terjaga. Revitalisasi pasar tradisional merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi kelemahan-kelemahan yang dimiliki pasar tradisional dan dapat bersaing dengan pasar modern, dengan melakukan pembenahan pasar tradisional secara menyeluruh. Pasar seutui Banda Aceh merupakan salah satu pasar tradisional yang telah mengalami revitalisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak sosial ekonomi revitalisasi pasar tradisional terhadap pedagang pasar seutui Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan alat penelitian berupa wawancara. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan pada tata kelola yang meliputi keamanan, kebersihan pasar, kerapihan, ketertiban dan pemeliharaan setelah revitalisasi pasar. Dampak sosial yang dirasakan berdampak positif yaitu pedagang menjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan pedagang lain. Dampak ekonomi yang dirasakan positif, karena terjadi peningkatan pada pendapatan pedagang hal ini disebabkan karena meningkatnya pengunjung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Rafika Arraniri
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:05
Last Modified: 12 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25503

Actions (login required)

View Item
View Item