Hubungan problem focused coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 di UIN ar-raniry banda aceh

Nanda Khalisah, 180901025 (2023) Hubungan problem focused coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 di UIN ar-raniry banda aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang hubungan problem focused coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa] Text (Membahas tentang hubungan problem focused coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa)
SKRIPSI NANDA FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (79MB)

Abstract

Penyesuaian diri di lingkungan perguruan tinggi merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa baru seperti penyesuaian akademik dan sosial. Mahasiswa sebagai individu yang sudah memasuki fase dewasa awal mampu memecahkan masalah yang muncul dalam proses penyesuaian diri. Oleh karena itu penelitian ini mengambil salah satu bentuk coping untuk dihubungkan dengan penyesuaian diri yaitu problem focused coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan problem focuses coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, pengambilan sampel berdasarkan teknik probability sampling dengan teknik simple random sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 4.455 dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 321 orang mahasiswa di setiap Fakultas selingkungan UIN Ar-Raniry. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala problem focused coping dan skala penyesuaian diri. Analisis data menggunakan korelasi spearman corellation menunjukkan r = 0,751 p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara problem focused coping dengan penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Semakin bagus problem focused coping maka semakin baik pula penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Depositing User: Nanda Khalisah Nanda
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:15
Last Modified: 12 Jan 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25510

Actions (login required)

View Item
View Item