Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat

Tasya Khotimatul Husna, 180201036 (2023) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat] Text (Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat)
Tasya Khotimatul Husna, 180201036, FTK, PAI, 081260110809.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menekankan pada peran aktif peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik dianggap tepat diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak sehingga perkembangan ilmu keagamaan dapat mengimbangi perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah akhlak terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 1 Aceh Barat (2) Bagaimana kompetensi guru dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Barat (3) Bagaimana problematika dan usaha dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Barat. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini berupa kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis peneliti dengan menggunakan teknik berupa pengumpulan data mentah, reduksi data sesuai kebutuhan, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Aceh Barat sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan bahwa implementasi pendekatan saintifik sudah sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu mengamatai, bertanya, mengumpulkan informasi, menyimpulkan informasi dan mengkomunikasikan. Kompetensi pedagogik guru dalam implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN I Aceh Barat sangatlah kompeten dan bagus. Problematika guru dalam implementasi saintifik tidak menjadi penghambat dalam proses pembelajaran itu sendiri, namun perlu adanya peningkatan kualitas diri peserta didik terhadap kepekaan materi yang dipelajari, antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi serta inovasi guru yang harus dikembangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tasya Khotimatul Husna
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:05
Last Modified: 12 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25511

Actions (login required)

View Item
View Item