Praktik Prostitudi di Serambi Mekkah (Strategi dan Pendekatan Wilayatul Hisbah (WH) dalam Penanganan Kasus-kasus Prostitusi di Banda Aceh)

Dian Nasya Layisa, 170305067 (2022) Praktik Prostitudi di Serambi Mekkah (Strategi dan Pendekatan Wilayatul Hisbah (WH) dalam Penanganan Kasus-kasus Prostitusi di Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penanganan Kasus-kasus Prostitusi] Text (Penanganan Kasus-kasus Prostitusi)
Dian Nasya Layisa, 170305067, FUF, SA, 082320697756.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Provinsi Aceh merupakan daerah syariat Islam yang mengatur masalah prostitusi dengan ketat. Namun, banyak prostitusi terselubung menggunakan media sosial secara online dan offline. Kita ketahui bahwa di Aceh memang sangat ketat dalam hukum perzinaan sehingga banyak PSK yang melakukan prostitusi. Hal ini disebabkan kurangnya kejelasan penegakan hukum sehingga adanya pergeseran sendi-sendi adat dan budaya di masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar perempuan yang memasuki dunia prostitusi, marketing dirinya yang dilakukan secara Online dan Ofline, dan peran Satpol PP dan WH dalam menghadapi prostitusi yang sering kedapatan pada saat pengrebekan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa:
Perempuan yang memasuki dunia prostitusi memiliki latar belakang yang berbeda salah satunya karena mengikuti arus kehidupan kesulitan ekonomi menyesuaikan gaya hidup dan trend terbaru. Dalam menyesuaikan diri di kehidupan sosial Kota Banda Aceh, mereka harus bekerja secara tertutup demi menjaga nama baik apabila pada saat penangkapan yang dilakukan oleh Satpol PP dan WH.Peran Satpol PP dan WH dalam strategi dan pendekatan penanganan kasus-kasus prostitusi seperti bimbingan dan pengembangan diri dengan mengembalikan pekerja prostitusi kepada Orang tua

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Dian Nasya Layisa Nasya
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:23
Last Modified: 12 Jan 2023 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25529

Actions (login required)

View Item
View Item