Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Remaja

Fitri Rahmadaini, 180402002 (2023) Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Remaja. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Remaja] Text (Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalam Membentuk Karakter Remaja)
Fitri Rahmadaini, 180402002, FDK, BKI, 082271369823.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Di panti asuhan Kasih Sayang Kabupaten Aceh Tengah, setiap remaja memiliki karakter yang berbeda, karakter yang dihadapi yaitu kurang disiplin, pemalas, melanggar peraturan, nakal sesama teman, tidak mendengar nasihat dari pengasuh dan ada juga remaja yang memiliki masalah dengan pengasuhnya seperti, penyesuaian diri dengan pengasuh dikarenakan masa lalu dengan orang tua yang didik dengan keras menyebabkan trauma pada remaja dan merasa takut dengan pengasuh. Kemudian remaja yang tidak bersosialisasi dengan masyarakat, dikarenakan masyarakat sekitar memperolok mereka karena tinggal dipanti asuhan. Adanya panti asuhan sebagai tempat untuk tinggal, pengasuh berperan penting dalam membentuk karakter remaja. Agar terbentuknya karakter yang baik, berbagai upaya yang di terapkan di Panti Asuhan Kasih Sayang Kabupaten Aceh Tengah. Hal ini perlu dibahas karena karakter merupakan aspek penting dalam kehidupan sebagai manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengasuh dalam membentuk karakter remaja di Panti Asuhan Kasih Sayang Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri, informan dalam penelitian ini adalah remaja berusia 13-15 tahun, pengasuh dan kepala panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh sudah berperan sebagai pendidik, pembimbing, pembina, motivator, penasehat dan pelatih. Pengasuh juga sudah membentuk karakter yang baik terhadap remaja melalui kebiasaan yang diberikan pengasuh di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengasuh, Karakter, Remaja
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fitri Rahmadaini Fitri
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:24
Last Modified: 12 Jan 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item
View Item