Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Budaya Sumang Pada Remaja Di Kampung Wih Lah Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah

Yunita Dewi, 180402009 (2023) Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Budaya Sumang Pada Remaja Di Kampung Wih Lah Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Budaya Sumang Pada Remaja Di Kampung Wih Lah Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah] Text (Peran Keluarga Dalam Menanamkan Nilai Budaya Sumang Pada Remaja Di Kampung Wih Lah Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah)
Yunita Dewi, 180402009, FDK, BKI, 082217793099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pada saat ini budaya sumang bergeser, memudar dan bahkan perlahan menghilang nilai-nilainya pada masyarakat Gayo dan di kalangan remaja. Remaja di kampung Wih Lah sekarang hanya sekedar mengetahui istilah saja tetapi tidak mengamalkannya. Tingkah laku remaja banyak melenceng dari ajaran Islam dan adat istadat Gayo. Adapun beberapa pelanggaran sumang yang terjadi di dalam keluarga adalah remaja tidak menghormati orang tuanya, berbicara tidak sopan dan menggunakan suara yang keras, mengenakan pakaian tidak sopan, melihat dengan cara marah, duduk di tempat yang lebih tinggi dari orang yang lebih tua dan pergi berduaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya. Dalam hal ini keluarga mempunyai perana penting dalam menanmkan nilai budaya sumang pada remaja. Kontrol keluarga menjadi wahana untuk membina generasi muda menjadi generasi yang berakhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran keluarga dalam menanamkan nilai budaya sumang pada remaja di kampung Wih Lah kecamatan Pegasing kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga dalam menanamkan nilai budaya sumang pada remaja yaitu orang tua memberikan aturan-aturan serta memperhatikan perilaku anak. Dengan kasih sayang juga yang diberikan oleh orang tua kepada anak agar anak terus menjaga dan menerapkan budaya sumang ini dalam dirinya agar tidak melakukan pelanggaran sumang. Serta tanggung jawab orang tua memegang peranan penting dalam posisi pertama untuk mendidik seorang anak malalui perawatan, pengasuhan, ajaran, yang terus menerus sehingga kepribadian anak dapat di dentuk berlandaskan nilai budaya sumang. Mengimplementasikan nilai budaya sumang pada remaja yaitu orang tua memberikan pendidikan langsung melalui penanaman dan memberikan contoh tingkah laku yang baik dan buruk. Jika remaja menerapkan nilai budaya sumang maka akan mendapat pujian dari keluarga maupun orang sekitar, jika remaja melakukan pelanggaran sumang akan mendapatkan sanksi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Budaya Sumang, Keluarga, Remaja
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Dewi Yunita
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:34
Last Modified: 12 Jan 2023 03:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item
View Item