Pengolahan Limbah Cair Pencucian Kendaraan Menjadi Air Bersih Dengan Metode Filtrasi Multimedia Menggunakan Aliran Upflow

Delvi Febrilla Tiska, 180702101 (2022) Pengolahan Limbah Cair Pencucian Kendaraan Menjadi Air Bersih Dengan Metode Filtrasi Multimedia Menggunakan Aliran Upflow. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengolahan Limbah Cair Pencucian Kendaraan Menjadi Air Bersih] Text (Pengolahan Limbah Cair Pencucian Kendaraan Menjadi Air Bersih)
Delvi Febrilla Tiska, 180702101, FST, TL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pengolahan limbah cair pencucian kendaraan menjadi air bersih terus dikembangkan. Upaya ini dilakukan untuk mempromosikan penggunaan air bersih yang berasal dari limbah cair pencucian kendaraan sebagai sumber daya air yang dapat digunakan kembali pada usaha/kegiatan tempat pencucian kendaraan. Pengolahan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode filtrasi multimedia dengan aliran upflow. Metode filtrasi ini dianggap sebagai metode yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas filtrasi multimedia menggunakan aliran upflow dengan menggunakan media kerikil, ijuk, pasir silika dengan ketebalan masing-masing adalah 10 cm dan karbon aktif dengan ketebalan 5, 10, 15, 20 dan 25 cm sebagai media filter. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa filtrasi multimedia menggunakan aliran upflow dapat mendegradasi zat organik. Efektivitas degradasi tiap parameter berbeda-beda. pH dapat berubah sampai 7,8, COD dapat terdegradasi sampai 96,80%, TSS dapat terdegradasi sampai 95,57% dan kekeruhan dapat terdegradasi sampai 92,02%. Perencanaan desain alat filtrasi skala besar digunakan dimensi bak penampung awal dan akhir masing-masing 5 m3 dan 5,25 m3 serta unit filtrasi menggunakan pipa PVC 8 inci sebanyak 12 buah . Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif baru dalam mengolah limbah cair pencucian kendaraan menjadi air bersih yang dapat digunakan kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Delvi Febrilla Tiska Delvi
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:19
Last Modified: 16 Jan 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25536

Actions (login required)

View Item
View Item