Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pidie Jaya

Mahfudl, 170802073 (2022) Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pidie Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembuatan e-KTP] Text (Pembuatan e-KTP)
Mahfudl, 170802073, FISIP, IAN, 082361591909.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembuatan e-KTP merupakan salah satu wujud pelayanan dasar pemerintah kepada masyarakat. Pemberian pelayanan pada setiap instansi pemerintahan, dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) yang mejalankan tugas dalam hal pelayanan administrasi kependudukan. Menurut pengamatan yang telah dilakukan terdapat beberapa permasalahan pada Disdukcapil Kabupaten Pidie Jaya, diantaranya keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan yang tidak efektif, disebabkan pada mekanisme SOP pembuatan e-KTP yang belum optimal dimana prosedur dalam pelayanan harus mudah dipahami dan dilaksanakan agar terhindar dari proses yang berbelit-belit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana mekanisme SOP pembuatan e-KTP pada Disdukcapil Pidie Jaya dan faktor apa saja yang menghambat proses pembuatan e-KTP pada Disdukcapil Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme Standar Operasional Prosedur (SOP) pembuatan e-KTP di Kantor Disdukcapil Pidie Jaya secara umum sudah diterapkan sesuai dengan prosedur yang berlaku, namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai sehingga mengakibatkan terhambatnya proses pembuatan e-KTP di Kantor Disdukcapil Pidie Jaya. Adapun hambatan yang dihadapi, diantaranya: server/jaringan kurang stabil, keterlambatan verifikasi data, sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mahfudl Mahfudl
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:18
Last Modified: 13 Jan 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25547

Actions (login required)

View Item
View Item