Analisis Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Di Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan

Muhibbustibri Amri, 170802159 (2022) Analisis Strategi Pemerintah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan Di Gampong Lhok Pawoh Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesejahteraan Nelayan] Text (Kesejahteraan Nelayan)
Muhibbustibri Amri, 170802159, FISIP, IAN, 082277808759.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Upaya Pemerintah Gampong Lhok Pawoh kecamatan Sawang Kabupaten Aceh meningkatkan kesejahteraan nelayan adalah dengan menggunakan strategi Reduktif yaitu strategi yang digunakan apabila diketahui adanya hambatan-hambatan sosial budaya dalam upaya menerima suatu inovasi. Selanjutnya strategi Persuasif yaitu upaya untuk melakukan perubahan masyarakat dengan cara membujuk masyarakat tersebut untuk perubahan. Bertujuan mendeskripsikan strategi pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan dan hambatan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa strategi reduktif dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, pemerintah Gampong Lhok Pawoh kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan berupaya untuk memenuhi apa yang diiginkan oleh nelayan seperti memberikan alat tangkap berupa jaring dan perahu, serta memberikan perhatian dan arahan bagi nelayan yang membutuhkan. Strategi Persuasif yaitu dengan melakukan kegiatan penyuluhan, memberi santunan, dan juga sarana dan prasarana. Dalam penerapan strategi terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu Lokasi yang strategis, pelayanan administrasi yang mudah bagi nelayan, pegawai yang mencukupi, hubungan kerja yang baik dan adanya anggaran khusus yang disediakan untuk nelayan. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan dana, dan tingkat pendidikan nelayan yang rendah. Untuk itu diharapkan kepada pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dapat mengatasi masalah ini kedepannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Muhibbustibri Amri Tibri
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:36
Last Modified: 13 Jan 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25550

Actions (login required)

View Item
View Item