Identifikasi Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Parasitologi

Arsal Najli, 180207117 (2023) Identifikasi Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Parasitologi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Identifikasi Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Parasitologi] Text (Identifikasi Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar Sebagai Referensi Mata Kuliah Parasitologi)
Arsal Najli, 180207117, FTK, PBL, 085260903312.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Parasit di Aceh Besar masih kurang mendapat perhatian karena kurangnya pemahaman, terutama para peternak tradisional. Penyakit parasitik merupakan salah satu faktor yang dapat menurunkan produktivitas ternak. Referensi mengenai parasit usus ruminansia khususnya di Aceh Besar belum banyak, hanya terfokus parasit pada sapi saja, oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian yang lebih bervariasi untuk sampel yang diamati. Penelitian tentang Identifikasi Parasit Usus Ruminansia di Peternakan Rakyat Aceh Besar bertujuan untuk mengidentifikasi Jenis parasit usus ruminansia, mengetahui karakteristik parasit usus ruminansia, menganalisis hasil uji kelayakan terhadap output yang dihasilkan dan menganalisis respon mahasiswa Parasitologi terhadap media pembelajaran tentang parasit usus ruminansia di peternakan rakyat Aceh Besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survei eksploratif dengan melakukan observasi langsung pada lokasi dan objek pengamatan. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis uji kelayakan menggunakan lembar observasi dan validasi. Hasil penelitian diperoleh 71 Spesies parasit usus, terdiri dari 23 parasit usus kelas Nematoda, 1 Parasit usus kelas Cestoda dan 1 parasit usus kelas Trematoda. Karakteristik parasit usus ruminansia di peternakan rakyat Aceh Besar sangat beragam diantaranya ukuran yang bervariasi, dan bentuk yang beragam. Bentuk hasil penelitian Identifikasi Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar dalam bentuk buku saku memperoleh persentase kelayakan materi 84%, kelayakan media 92% termasuk kategori sangat layak sebagai bacaan. Respon mahasiswa Parasitologi terhadap media pembelajaran tentang parasit usus pada ruminansia di peternakan rakyat Aceh Besar yaitu 94,90% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa Jenis dan Karakteristik Parasit Usus Ruminansia Di Peternakan Rakyat Aceh Besar ditemukan jenis dan karakteristik yang beragam, dan bentuk hasil penelitian buku saku memperoleh hasil presentase kelayakan yang tergolong sangat layak dijadikan sebagai bacaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Arsal Najli
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:49
Last Modified: 13 Jan 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25554

Actions (login required)

View Item
View Item