Pengaruh Materi Khutbah Nikah Terhadap Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dan Ketahanan Rumah Tangga (Penelitian Di KUA Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh)

Aan Taufiq, 160101049 (2023) Pengaruh Materi Khutbah Nikah Terhadap Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dan Ketahanan Rumah Tangga (Penelitian Di KUA Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Materi Khutbah Nikah Terhadap Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dan Ketahanan Rumah Tangga (Penelitian Di KUA Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh)] Text (Pengaruh Materi Khutbah Nikah Terhadap Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Suami Istri Dan Ketahanan Rumah Tangga (Penelitian Di KUA Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh))
Aan Taufiq, 160101049, FSH, HK, 082338575885.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kurangnya kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban sering kali menjadi penyebab rusaknya rumah tangga. Khutbah nikah bisa menjadi salah satu faktor untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang hak dan kewajiban suami isteri. Dalam khutbah nikah banyak dijelaskan tentang bagaimana hak dan kewajiban yang dipikul oleh suami isteri. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apa isi materi khutbah nikah yang disampaikan oleh khatib pada acara pernikahan dan Bagaimana pengaruh materi khutbah nikah terhadap pemenuhan hak dan kewajiban suami istri dalam ketahanan rumah tangga. Dengan menggunakan metode analisis kualitatif untuk menganalisis data-data yang didapatkan. Hasil penelitian lapangan didapatkan bahwa dalam pemberian khutbah nikah, khatib memberikan pesan-pesan yang bermanfaat bagi catin dan hadirin yang mendengar khutbah nikah. Dengan demikian, pemahaman mereka setelah mengikuti khutbah nikah mereke lebih mengetahui tentang hak dan kewajiban antara suami istri dalam menjalankan rumah yang harmonis kedepannya. Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam setiap khutbah nikah, khatib membahas tentang hak dan kewajiban suami isteri dan sebagian besar dari narasumber mengatakan bahwa sebagian dari mereka merasakan dan peningkatan pemahaman tentang hak dan kewajiban suami isteri dengan adanya khutbah nikah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Materi Khutbah Nikah Terhadap Pemenuhan Hak dan Kewajiban Suami Istri Dalam Ketahanan Rumah Tangga
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Aan Taufiq Aan
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:02
Last Modified: 13 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25560

Actions (login required)

View Item
View Item