Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP

Nita Gusliana, 261222910 (2017) Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Kemampuan Belajar]
Preview
Text (Mengenai tentang Kemampuan Belajar)
NITA GUSLIANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat dibutuhkan oleh siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dan di kehidupan sehari- hari. Hal ini disebabkan jika seseorang memiliki penalaran matematis yang baik maka dia akan mampu berpikir secara logis serta pemikiran siswa mengenai ide dan hubungan matematika yang dapat memperluas pertanyaan terhadap matematika yang dipelajarinya. Oleh karena itu, guru dalam proses pembelajaran perlu mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa, misalnya melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental atau disebut juga dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembah Seulawah dan sampel kelas VII-2 dan VII-3. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembaran tes kemampuan penalaran matematis. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan pedoman penskoran. Hasil penelitian menunjukkan t_hitung=2,77 dan t_0,95=1,68, maka t_hitung≥t_tabel. Sehingga H_1 diterima yang disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Hal ini dapat dilihat dari persentase semua indikator di mana setelah diberikan perlakuan, pre-test kelas eksperimen 50,97% dengan kriteria kurang. Sedangkan nilai post-test diperoleh persentasenya adalah 75% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Duskri, M.kes 2. Yassir, S.Pd.I., S.T., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nita Gusliana
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:27
Last Modified: 20 Feb 2018 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2557

Actions (login required)

View Item
View Item