Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Minat Muzzaki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh

Sintia Wulandari, 180603020 (2022) Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Minat Muzzaki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Good Corpoarate Governance] Text (Good Corpoarate Governance)
Sintia Wulandari, 180603020, FEBI, PS, 082276641129.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prisip dari Good Corporate Governance (GCG) terhadap minat muzzaki dalam membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui pendekatan penelitian lapangan (flied research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial masing-masing dari prinsip GCG (transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi dan keadilan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat muzzaki dalam membayar zakat di Baitul Mal dan secara simultan prinsip GCG juga berpengaruh terhadap minat muzzaki dalam membayar zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Berdasarkan penelitian ini diharapkan kepada pihak Baitul Mal konsisten dalam menerapkan Good Corporate Governance (GCG) untuk meningkatkan minat muzzaki dalam membayarkan zakatnya pada Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Sintia Wulundari Tia
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:17
Last Modified: 16 Jan 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item
View Item