Pembayaran Zakat Fitrah Berupa Uang (Analisis Sosial-Ekonomi Di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)

Wiwit Karlina, 30183745 (2023) Pembayaran Zakat Fitrah Berupa Uang (Analisis Sosial-Ekonomi Di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembayaran Zakat Fitrah Berupa Uang  (Analisis Sosial-Ekonomi Di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten  Aceh Selatan)] Text (Pembayaran Zakat Fitrah Berupa Uang (Analisis Sosial-Ekonomi Di Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan))
Wiwit Karlina, 30183745, PS, ES, 082285004569.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembayaran zakat fitrah baik berupa uang maupun beras merupakan kewajiban di bulan ramadhan untuk dapat diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Kegiatan pembayaran zakat fitrah dari aspek sosial terlihat sebuah rasa kepedulian karena dapat membantu sesama manusia dalam kekurangan dan kemiskinan, segi ekonomi dapat mewujudkan sebuah rasa keadilan terhadap orang yang kurang mampu dengan cara menyisihkan sebagian hartanya, kepada fakir miskin untuk mencukupi kehidupanya seperti di hari raya idhul fitri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis sosial ekonomi mengenai pembayaran zakat fitrah berupa uang di Kecamatan Tapaktuan.
Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian lapangan (field research) dan pengambilan sampel mengunakan purposive sampling yaitu sample yang dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data mengunakan reduksi, display, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis sosial-ekonomi terhadap pembayaran zakat fitrah berupa uang memberikan dampak terpenuhi kebutuhan sandang dan pangan si mustahiq dengan bantuan zakat fitrah berupa uang mampu mempengaruhi prilaku ekonomi mustahik hal itu terlihat daya beli mustahik dalam membelanjakan haknya yang sebelumnya tidak memiliki kemampuan sekarang meningkat dan memadai untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka saat itu. 2) Kemaslahatan dari pembayaran zakat fitrah berupa uang menunjukkan bahwa dengnan uang dapat meringankan beban dari berbagai pihak baik itu dari pihak amil zakat dalam pembagiannya, pihak muzakki ketika menyalurkan bantuan tidak ribet harus membeli beras terlebih dahulu baru kemuadian dibayar zakat, dan juga bagi mustahiq dapat mempergunakan hak zakatnya secara langsung untuk memenuhi kebutuhan hari lebaran tanpa harus menjual terlebih dahulu beras untuk mendapatkan uang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Zakat FItrah, Uang, Sosial Ekonomi
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wiwit Karlina Wiwit
Date Deposited: 13 Jan 2023 04:04
Last Modified: 13 Jan 2023 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item
View Item