Strategi Dan Tantangan Pelestarian Manuskrip Di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh

Nataca Aprida, 180503144 (2023) Strategi Dan Tantangan Pelestarian Manuskrip Di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Strategi Dan Tantangan Pelestarian Manuskrip Di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh] Text (Strategi Dan Tantangan Pelestarian Manuskrip Di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh)
Nataca Aprida, 180503144, FAH, IP, 081375072147.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi dan Tantangan Pelestarian Manuskrip di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manuskrip di perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh dan tantangan apa saja yang dihadapi oleh Rumoh Manuskrip Aceh. Tujuan untuk mengetahui Strategi manuskrip di Perpustakaan Rumoh Manuskrip Aceh dan untuk mengetahui tantangan apa saja yang dihadapi oleh Rumoh Manuskrip Aceh dalam melakukan pelestarian manuskrip. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pihak pengelola Lembaga Rumoh Manusksrip Aceh yang berjumlah satu orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu strategi dan tantangan pelestarian manuskrip di Perpustakaan Lembaga Rumoh Aceh. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi dalam pelestarian manuskrip di Lembaga Rumoh Manuskrip Aceh dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan melakukan berbagai cara. Di antara cara yang dilakukan adalah mencari bantuan untuk pelestarian seperti fasilitas peralatan dan penyimpanan manuskrip. Tantangan yang dihadapi dalam pelestarian di Lembaga Rumoh Manuskrip Aceh tidak ada SDM di bidang restorasi, kecuali mendapat bantuan tenaga dari lembaga-lembaga lain. Solusinya adalah meminta bantuan pelestarian manuskrip pada lembaga-lembaga lain, melakukan restorasi supaya manuskrip tidak mudah rusak dan mengkatalogisasikan manuskrip miliknya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Nataca aprida Nataca
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:20
Last Modified: 16 Jan 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25583

Actions (login required)

View Item
View Item