Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah Dan Kaitannya Dengan Peningkatan Minat Kunjung Siswa (Penelitian Di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar)

Aprilia Rahmah, 180503124 (2023) Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah Dan Kaitannya Dengan Peningkatan Minat Kunjung Siswa (Penelitian Di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah Dan Kaitannya Dengan Peningkatan Minat Kunjung Siswa (Penelitian Di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar)] Text (Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah Dan Kaitannya Dengan Peningkatan Minat Kunjung Siswa (Penelitian Di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar))
Aprilia Rahmah, 180503124, FAH, IP, 085362253899.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul” Analisis Kegiatan Promosi Perpustakaan Sekolah dan Kaitannya dengan Peningkatan Minat Kunjung siswa (Penelitian di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar)”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan Promosi perpustakaan sekolah, serta peningkatan minat kunjung siswa setelah kegiatan tersebut dilaksanakan dan juga faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan Promosi perpustakaan sekolah dalam peningkatan minat kunjung siswa di SMP Negeri 3 Montasik Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang pustakawan dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dilakukan bahwa minat kunjung siswa sudah baik dan sudah meningkat dibandingkan sebelum adanya pelaksanaan kegiatan promosi perpustakaan sekolah dan siswa juga sudah rajin berkunjung ke perpustakaan. Adapun kegiatan promosi di perpustakaan SMP Negeri 3 Montasik yaitu kegiatan di setiap semester yaitu (kegiatan lomba membaca puisi dan kegiatan lomba pidato), kegiatan pemberian hadiah bagi pengunjung terbaik dan kegiatan pameran buku di perpustakaan. Dengan adanya kegiatan promosi di perpustakaan siswa dapat termotivasi dan tertarik untuk datang ke perpustakaan. Hal ini dibuktikan bahwa siswa mulai rajin mengunjungi perpustakaan dan mau mengikuti kegiatan promosi yang diadakan pustakawan di perpustakaan. Faktor pendukung kegiatan promosi perpustakaan sekolah SMP Negeri 3 Montasik ialah prasarana yang tersedia sebagai faktor yang mendukung pemanfaatan di perpustakaan diantaranya adalah gedung perpustakaan itu sendiri, dan juga memberikan hadiah kepada siswa yang rajin berkunjung ke perpustakaan dan siswa juga akan lebih tertarik untuk datang ke perpustakaan, Sedangkan faktor penghambat yaitu Salah satu masih kurangnya fasilitas, minimnya dana dan minimnya minat siswa memanfaatkan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Aprilia Rahmah
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:20
Last Modified: 16 Jan 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item
View Item