Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah dan Akad Wadiah Yad Dhamanah Terhadap Produk Tabungan BNI iB Hasanah Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Zawir Rahmi, 150603111 (2022) Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah dan Akad Wadiah Yad Dhamanah Terhadap Produk Tabungan BNI iB Hasanah Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad Wadiah Yad Dhamanah] Text (Akad Wadiah Yad Dhamanah)
Zawir Rahmi, 150603111, FEBI, PS, 082370930790.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Di dalam produk tabungan BNI iB Hasanah terdapat dua akad yaitu akad mudharabah muthlaqah dan akad wadiah yad dhamanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi akad mudharabah muthlaqah dan akad wadiah yad dhamanah pada produk tabungan BNi iB Hasanah serta alasan nasabah dominan mengambil salah satu akad tersebut. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif analitis melalui teknik wawancara terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan akad mudharabah muthlaqah dan penerapan akad wadiah yad dhamanah dalam produk tabungan BNI iB Hasanah di bank BNI Syariah kantor cabang Banda Aceh sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional No: 02/DSN-MUI/IV/2000 dan sesuai dengan UU No.12 Tahun 2008 pasal 19 ayat 1(b). Penyebab nasabah dominan mengambil akad wadiah yad dhamanah ini karena tabungan ini merupakan tabungan yang bebas biaya serta tiada penambahan dan pengurangan saldo dalam tabungan hal ini yang membuat nasabah merasa aman dan nyaman karena merasa terhindar dari yang namanya riba. Nasabah lebih senang dengan adanya tabungan ini karena bisa menyimpan berapapun uang yang nasabah miliki dan kemudian dapat mengambilnya kembali kapanpun di perlukan sehingga nasabah merasa aman tanpa takut uangnya akan berkurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Zawir Rahmi Ami
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:02
Last Modified: 16 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25587

Actions (login required)

View Item
View Item