Potensi Makam Teungku Di Iboih Dan Ummi Sarah Rubiah Sebagai Objek Wisata Sejarah Di Kota Sabang.

Ahmad Mulia, 180501022 (2023) Potensi Makam Teungku Di Iboih Dan Ummi Sarah Rubiah Sebagai Objek Wisata Sejarah Di Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Potensi Makam Teungku Di Iboih Dan Ummi Sarah Rubiah Sebagai Objek Wisata Sejarah Di Kota Sabang] Text (Potensi Makam Teungku Di Iboih Dan Ummi Sarah Rubiah Sebagai Objek Wisata Sejarah Di Kota Sabang)
Ahmad Mulia, 180501022, FAH, SKI, 082299490946.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Potensi Makam Teungku di Iboih dan Ummi Sarah Rubiah Sebagai Objek Wisata Sejarah di Kota Sabang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana potensi wisata sejarah, dan bertujuan untuk memperkenalkan kembali wisata sejarah khusunya makam Teungku di Iboih dan Ummi Sarah Rubiah yang berada di Gampong Iboih dan Pulau Rubiah, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Kajian ini mengunakan metode penelitian yang bersifat deskripsi analisis untuk menjelaskan kondisi, dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data meliputi penjajagan, survei permukaan, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua kegiatan tersebut dilakukan, maka data-data tersebut akan diuraikan dan dianalisis yang digunakan meliputi analisis morfologi, teknologi, stilistik, dan kontekstual. Hasil penelitian menjelaskan Teungku Ibrahim Musatafari Adham, lebih di kenal Teungku di Iboih lahir tahun 1723 H, berasal dari Gampong Iboih di Seulimum, Kecamatan Aceh Besar. sedangkan Rubiah yang memiliki nama lengkap Ummi Sarah Rubiah lahir tahun 1732 H, berasal dari Singkil, kecamatan Aceh Singkil. Merupakan istri dari Teungku di Iboih, Rubiah nama ini dijadikan nama sebuah pulau yang berada di seberang pantai Iboih. Makam Teungku di Iboih dan Ummi Sarah Rubiah merupakan makam peninggalan pada abad ke 18 M. Penulis berharap kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar ikut partisipasi dalam melestarikan dan menjaga kembali makam Teungku di Iboih dan Ummi Sarah Rubiah sebagai objek wisata sejarah. Serta mempromosikan kembali kepada masyarakat lokal maupun mancanegara agar banyak yang mengetahui kembali objek wisata sejarah di Kota Sabang, dan menjadi ilmu yang berguna di bidang sejarah untuk generasi mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Makam Teungku di Iboih dan Ummi Sarah Rubiah, Pemelihara Objek Wisata
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Ahmad Mulia Ahmad
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:54
Last Modified: 18 Jan 2023 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item
View Item