Analisis Implementasi Tata Kelola Wakaf Produktif Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah (Studi pada Ihmal Market).

Putri Ramadhani, 180603080 (2022) Analisis Implementasi Tata Kelola Wakaf Produktif Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah (Studi pada Ihmal Market). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Wakaf Produktif] Text (Wakaf Produktif)
Putri Ramadhani, 180603080, FEBI, PS, 082363111217.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Wakaf adalah salah satu sumber dana yang memiliki potensi dalam pengembangan ekonomi umat Islam. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang pengelolaan wakaf produktif serta strategi maupun kendalanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan, strategi dan kendala pada Ihmal Market sebagai wakaf produktif yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa tata kelola Ihmal Market menggunakan aspek yaitu transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, independensi, dan kesetaraan. Dari kelima aspek tersebut ditemukan bahwa pada aspek tanggung jawab tepatnya pada pelaporan keuangannya masih kurang profesional dalam pertanggung jawabannya karena masih menggunakan pencatatan sederhana. Terkait dengan kendala yang terdapat pada pengelolaan Ihmal Market menjadi salah satu penghambat berkembangnya wakaf produktif ini, akan tetapi para nazir dan pengelola terus melakukan beberapa upaya dengan strategi yang sudah direncanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Putri Ramadhani Putri
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:05
Last Modified: 16 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item
View Item