Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Nilai Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Ulumul Qur’an Langsa

Khafiyya Farda, 180207113 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Nilai Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Ulumul Qur’an Langsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning  Untuk Meningkatkan Nilai Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Ulumul Qur’an Langsa] Text (Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Nilai Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Di MAS Ulumul Qur’an Langsa)
Khafiyya Farda, 180207113, FTK, PBL, 081365607240 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di MAS Ulumul Quran Langsa masih tergolong rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran dan masih diterapkan proses pembelajaran secara direct instruction. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur
peningkatan keterampilan proses sains dan menghitung peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pra-experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswak kelas XII MAS Ulumul Quran Langsa yang terdiri dari XII MIA1, XII MIA2, dan XII MIA3. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII MIA2 yang berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Rancangan penelitian menggunakan pra-exsperiment dengan bentuk desain yang digunakan one group pre-test-post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan soal tes. Analisis data keterampilan proses sains siswa menggunakan rumus persentase dan hasil belajar menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian keterampilan proses sains pada pertemuan pertama (81,94%), pertemuan kedua (88,19%) dan pertemuan ketiga (89,58%) dengan kategori sangat baik, hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata pre-test 35,05, post-test 85,37, N-Gain 0,77 dengan kategori tinggi. Hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 44,89 > 1,692 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery learning pada materi metabolisme sel dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas XII MIA 2 di MAS Ulumul Quran Langsa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Khafiyya Farda
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:08
Last Modified: 16 Jan 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25601

Actions (login required)

View Item
View Item