Hubungan Antara Persepsi Sense Of Humor Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh

Muhammad Erwin Fahrozi, 160901013 (2023) Hubungan Antara Persepsi Sense Of Humor Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Antara Persepsi Sense Of Humor Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Persepsi Sense Of Humor Dosen Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Uin Ar-Raniry Banda Aceh)
Muhammad Erwin Fahrozi, 160901013, FIP, PSI, 082276805405.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak dalam diri mahasiswa yang menimbulkan kegiatan belajar yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah dalam kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh mahasiswa dapat tercapai. Sadirman (2013) menjelaskan bahwa motivasi belajar memegang peran penting dalam naik dan turunnya prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan sense of humor pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala sense of humor dosen berdasarkan teori dari Thorson dan Powell (1997)dan skala motivasi belajar berdasarkan teori Santrock (2004). Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 348 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar r = 0,259 dengan signifikansi 0,000. Hal tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan positif yang antara motivasi belajar mahasiswa dengan sense of humor dosen pada mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh, artinya semakin tinggi sense of humor dosen maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa dan sebaliknya semakin rendah sense of humor dosen maka semakin rendah pula motivasi belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sense Of Humor, Motivasi Belajar
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Muhammad Erwin Fahrozi Erwin
Date Deposited: 16 Jan 2023 03:13
Last Modified: 16 Jan 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25603

Actions (login required)

View Item
View Item