Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat, dan Kepercayaan Terhadap Ketaatan Masyarakat Kota Banda Aceh Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh

Ulfa Mahira, 180602212 (2022) Pengaruh Tingkat Pendapatan, Pengetahuan Zakat, dan Kepercayaan Terhadap Ketaatan Masyarakat Kota Banda Aceh Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Zakat] Text (Zakat)
Ulfa Mahira, 180602212, FEBI, ES, 082363252300.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu ibadah dalam Islam untuk mencari keridhaan dari Allah SWT. Untuk memberdayakan dana Zakat secara optimal maka diperlukan sebuah lembaga pengelola yang profesional, amanah dan transparan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendapatan, pengetahuan zakat dan tingkat kepercayaan terhadap Ketaatan Masyarakat membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode analisis kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang merupakan data yang diperoleh langsung dari responden dengan penyebaran kuesioner. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan masyarakat membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh. variabel pengetahuan zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan masyarakat membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh. variabel tingkat kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketaatan masyarakat membayar zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda melalui uji F variabel tingkat pendapatan, pengetahuan zakat dan tingkat kepercayaan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap Ketaatan Masyarakat Membayar Zakat pada Baitul Mal Kota Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ulfa Mahira Ulfa
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:16
Last Modified: 18 Jan 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25609

Actions (login required)

View Item
View Item