Metode Mengajar Arab Melayu Di Tpa Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh.

Nazhatul Ulya, 180201128 (2023) Metode Mengajar Arab Melayu Di Tpa Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Metode Mengajar Arab Melayu Di Tpa Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh] Text (Metode Mengajar Arab Melayu Di Tpa Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh)
Nazhatul Ulya, 180201128, FTK, PAI, 085262808562.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, hampir semua Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) di Indonesia sudah mengembangkan metode pengajarannya dengan bermacam-macam khususnya pada mata pelajaran Arab Melayu. Dengan adanya metode tersebut, diharapkan santri dapat lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh Ustadz/Ustadzah selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode mengajar Arab Melayu di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah metode apa yang digunakan oleh Ustadz/Ustadzah pada mata pelajaran Arab Melayu di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh, apa saja kendala penggunaan metode mengajar pada mata pelajaran Arab Melayu di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh dan bagaimana pengaruh penerapan metode mengajar pada mata pelajaran Arab Melayu di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode yang digunakan oleh Ustadz/Ustadzah pada mata pelajaran Arab Melayu di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh adalah metode tanya jawab, diskusi, talaqqi, dan pemberian tugas. Sementara kendala yang sering dialami oleh Ustadz/Ustadzah di TPA Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh terletak pada santri yang belum bisa mengaji. Adapun pengaruh penerapan metode tersebut adalah sangat baik, yang dapat dilihat pada antusias dan semangat santri yang tinggi terhadap pembelajaran Kitab Arab Melayu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode, Mengajar, Arab Melayu
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nazhatul Ulya Nazhatul
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:32
Last Modified: 17 Jan 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25610

Actions (login required)

View Item
View Item