Pengembangan E-Handout Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya

Darma Syah Putra, 180207103 (2023) Pengembangan E-Handout Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E-Handout Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya] Text (Pengembangan E-Handout Berbasis Mind Mapping Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya)
Darma Syah Putra, 180207103, FTK, PBL, 082216370620.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran di SMAN 2 Abdya masih kurang dalam penggunaan media khususnya pada materi sistem gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, untuk menganalisis uji kelayakan dan respon siswa terhadap media e-handout berbasis mind mapping pada materi sistem gerak kelas XI di SMAN 2 Abdya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu 2 ahli media yang merupakan 1 dosen pendidkan biologi dan 1 dosen pendidikan teknologi informasi, dan 2 ahli materi yang merupakan 1 dosen pendidikan biologi dan 1 guru bidang studi biologi, dan 20 siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Aceh Barat Daya. Objek pada penelitian adalah kelayakan dan respon siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, validasi dan menggunakan angket respon. Instrumen penelitian ini berupa lembar uji kelayakan media, uji kelayakan materi dan respon siswa terhadap media e-handout berbasis mind mapping yang dikembangkan. Analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil uji kelayakan keseluruhan menunjukkan persentase 89% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap media e-handout berbasis mind mapping menunjukkan persentase dalam skala kecil 82% dengan kriteria sangat baik, dan persentase dalam skala besar 92,6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media e-handout berbasis mind mapping yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada materi sistem gerak dalam pembelajaran, dan mendapatkan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-handout, Uji Kelayakan, Respon Siswa, Sistem Gerak.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Darma Syah Putra Darma
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:19
Last Modified: 17 Jan 2023 02:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item
View Item