Al-Haimanat Fī Riwāyat "Mamū Zain" Lisa'īd Ramaḍān Al-Būṭī (Dirāsat Ijtimā'īyyat Adabiyyat)

Siti Rahma Musafira Daud, 180502089 (2023) Al-Haimanat Fī Riwāyat "Mamū Zain" Lisa'īd Ramaḍān Al-Būṭī (Dirāsat Ijtimā'īyyat Adabiyyat). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Al-Haimanat Fī Riwāyat "Mamū Zain" Lisa'īd Ramaḍān Al-Būṭī (Dirāsat Ijtimā'īyyat Adabiyyat)] Text (Al-Haimanat Fī Riwāyat "Mamū Zain" Lisa'īd Ramaḍān Al-Būṭī (Dirāsat Ijtimā'īyyat Adabiyyat))
Siti Rahma Musafira Daud, 180502089, FAH, BSA, 082276951098.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Hegemoni dalam Novel “Mamu Zein” karya Sa’id Ramadhan Al-Buthi (Kajian Sosiologi Sastra). Permasalahan yang dikaji dalam novel ini adalah apa saja tingkat dan bentuk hegemoni dalam novel “Mamu Zein” menggunakan teori Hegemoni menurut Gramsci. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tingkatan hegemoni dalam novel ini ada dua, yaitu: hegemoni integral dan hegemoni dekaden, dan terdapat empat macam bentuk dari konsep teori hegemoni Gramsci dalam novel ini, yaitu: (1) hegemoni kebudayaan masyarakat mengenai pernikahan dua kelas sosial yang berbeda. (2) hegemoni ideologi agama. (3) hegemoni peran intelektual Bakar. (4) hegemoni peran intelektual Tajuddin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Rahma Musafira Daud Rahma
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:25
Last Modified: 17 Jan 2023 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item
View Item