Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Dalam Mitigasi Bencana Gelombang Pasang

Thiffaly Awwalyca Yumna, 180802050 (2022) Strategi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat Dalam Mitigasi Bencana Gelombang Pasang. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Gelombang Pasang] Text (Gelombang Pasang)
Thiffaly Awwalyca Yumna, 180802050, FISIP, IAN, 085270474048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kabupaten Aceh Barat merupakan salah satu daerah yang rawan terjadinya bencana, terutama bencana gelombang pasang yang dapat menimbulkan kerusakan pada pemukiman, kerugian harta benda, dan keselamatan jiwa. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat menjadi garda terdepan dalam mitigasi bencana yang akan terjadi, perlu adanya kesiapsiagaan untuk mengurangi risiko bencana gelombang pasang yang dimana mayoritas penduduk Aceh Barat tinggal di wilayah pesisir pantai. Beberapa hal yang menjadi masalah dalam penelitian ini dikarenakan adanya gelombang pasang yang terjadi di Kawasan pesisir pantai, Kecamatan Johan Pahlawan yang menyebabkan air luapan menggenangi pekarangan rumah warga, kondisi tanggul penahan ombak yang dibangun oleh pemerintah memiliki ketinggian yang belum memadai, serta belum semua tanggul tersebut dibangun untuk Kawasan Persisir Pantai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam mitigasi bencana gelombang pasang. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah beberapa upaya yang sudah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam mitigasi bencana gelombang pasang yaitu penjaminan pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana, perlindungan masyarakat, serta pengurangan resiko bencana dengan program pembangunan. Strategi yang sudah dilakukan pemerintah Aceh Barat yaitu membuat sosialisasi, pendidikan, simulasi, serta pelatihan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran dan strategi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Aceh Barat terkait dengan mitigasi dampak bencana gelombang pasang sudah sangat baik. Pemerintah Aceh Barat telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Thiffaly Awwalyca Yumna Faly
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:03
Last Modified: 17 Jan 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25627

Actions (login required)

View Item
View Item