Keefektifitas Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Permainan Jenga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Di MIN 25 Aceh Besar.

Dharma Maulana, 170202120 (2023) Keefektifitas Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Permainan Jenga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Di MIN 25 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Keefektifitas Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Permainan Jenga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Di MIN 25 Aceh Besar.] Text (Keefektifitas Penggunaan Metode Total Physical Response (TPR) Dalam Permainan Jenga Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Di MIN 25 Aceh Besar.)
Dharma Maulana, 170202120, FTK, PBA, 085342240417.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti pada di kelas V (b) MIN 25 Aceh Besar. Parasiswa mengalami kesulitan dalam penguasaan kosakata, karena guru tidak menggunakan media yang menarik dalam proses pembelajaran kosakata. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti tentang penerapan Metode Total Physical Response(TPR) pada permaian Jenga untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa di MIN 25 Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi respon siswa ketika menerapkan permainan Jenga untuk meningkatkan penguasaan kosakata dalam bahasa arab siswa dan untuk melihat hasil penerapan Metode Total Physical Response(TPR) pada permaian Jenga, yang dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menguasai kosakata bahasa Arab. Alat yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data adalah daftar observasi dan daftar tes yang berkaitan dengan pre dan post test menggunakan analisis data statistik deskriptif dan Paired Sample T Test, dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini bahwa kegiatan guru dan respon siswa pada saat proses pembelajaran Penerapan Metode Total Physical Response(TPR) pada permaian Jenga untuk meningkatkan Penguasaan Kosakata siswa memperoleh nilai sangat baik yang hasilnya mencapai 93,1% untuk lembar observasi guru dan 92,8% untuk lembar observasi siswa. Dan adapun hasil Pretest dan Postest adalah dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 > 0,005. Ini Menbuktikan bahwa penerapan Metode Metode Total Physical Response(TPR) pada permaian Jenga Efektif dalam meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dharma Maulana
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:03
Last Modified: 17 Jan 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25628

Actions (login required)

View Item
View Item