Analisis Pertanggungan Risiko Usaha Pada Transaksi Pre Order Percetakan Dan Grafika Pada Perusahaan Warna Graphic Design Menurut Konsep Ijarah ‘Ala Al-'Amal

Mawaddatul Ula, 170102061 (2023) Analisis Pertanggungan Risiko Usaha Pada Transaksi Pre Order Percetakan Dan Grafika Pada Perusahaan Warna Graphic Design Menurut Konsep Ijarah ‘Ala Al-'Amal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pertanggungan Risiko Usaha Pada Transaksi Pre Order Percetakan Dan Grafika Pada Perusahaan Warna Graphic Design Menurut Konsep Ijarah ‘Ala Al-Amal] Text (Analisis Pertanggungan Risiko Usaha Pada Transaksi Pre Order Percetakan Dan Grafika Pada Perusahaan Warna Graphic Design Menurut Konsep Ijarah ‘Ala Al-Amal)
Mawaddatul Ula, 170102061,FSH,HES, 082272238950.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Perusahaan Warna Graphic Design adalah perusahaan yang bergerak bidang percetakan dan grafika. Perusahaan jasa ini beroperasi dengan menerapkan sistem pre order yaitu pesan terlebih dahulu, terima manfaat kemudian. Dimana dalam fiqh muamalah menggunakan akad ijarah ‘ala al ‘amal (sewa-menyewa atau upah-mengupah). Tiap perusahaan pasti memiliki risiko tersendiri, baik dari dalam ataupun dari luar perusahaan. Risiko yang terjadi pada perusahaan Warna Graphic Design bersumber dari pihak luar perusahaan. Musta’jir (konsumen) yang memakai jasa perusahaan melakukan wanprestasi kepada pihak perusahaan dan tidak menunaikan kewajibannya. Hal ini menyebabkan perusahaan mengalami kerugian besar karena tidak menerima hak/upah sebagaimana mestinya. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana sistem pelaksanaan transaksi pre order pada usaha percetakan dan grafika pada Warna Graphic Design, bagaimana bentuk pertanggungan risiko pada usaha percetakan dan grafika pada Warna Graphic Design, dan bagaimana analisis pertanggungan risiko usaha pada transaksi pre order pada usaha percetakan dan grafika pada Warna Graphic Design menurut ijarah ‘ala al ‘amal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Data bersumber dari data primer yang diperoleh di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ditemukan bahwa mu’jir (pihak perusahaan Warna Graphic Design) hingga saat ini terus berupaya menagih hutang kepada musta’jir dengan cara-cara yang baik (ahsan) sesuai dengan hukum Islam yang berlaku. Mu’jir telah mengambil langkah yang benar sesuai dengan akad ijarah ‘ala al ‘amal. Meskipun perusahaan telah rugi karena musta’jir nya melakukan wanprestasi, namun perusahaan tetap menunaikan kewajibannya kepada pihak ketiga sebagai penyedia bahan baku sebagaimana semestinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mawaddatul Ula
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:02
Last Modified: 17 Jan 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25629

Actions (login required)

View Item
View Item