Perbandingan Nilai Sun Protection Factor (SPF) dan pH Krim Tabir Surya dari Ekstrak Biji Rambutan (Nephelium lappaceum) Dengan Produk Tabir Surya Komersial Menggunakan Spektrofotometri Uv-Vis

Rahmat, Abrasyi (2023) Perbandingan Nilai Sun Protection Factor (SPF) dan pH Krim Tabir Surya dari Ekstrak Biji Rambutan (Nephelium lappaceum) Dengan Produk Tabir Surya Komersial Menggunakan Spektrofotometri Uv-Vis. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Proses pembuatan krim tabir surya dari ekstrak biji rambutan] Text (Proses pembuatan krim tabir surya dari ekstrak biji rambutan)
SKRIPSI RAHMAT ABRASYI scan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tabir surya merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit yang terpapar dari sinar matahari. Biji rambutan berfungsi sebagai antioksidan dalam pembuatan krim tabir surya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi sebagai tabir surya, mengetahui hasil perbandingan nilai SPF dan pH dalam tabir surya, dan pada konsentrasi berapakah krim tabir surya ekstrak biji rambutan yang memiliki nilai SPF tertinggi. Metode penelitian berdasarkan perbandingan antara konsentrasi ekstrak etanol biji rambutan dengan formula 4%, 6% dan 8% dengan sampel krim tabir surya komersial. Sediaan krim yang telah jadi kemudian dilakukan pengujian uji pH, dan pengujian Sun Protection Factor (SPF). Kemudian penentuan nilai Sun Protection Factor (SPF) krim dengan menggunakan Spektrofotometer UV-Vis dan dihitung nilai SPF menggunakan metode mansur. Sediaan krim yang dihasilkan dalam pengujian ekstrak etanol biji rambutan tidak dapat dibuat sebagai krim tabir surya akan karena hasil dari perhitungan SPF yang dihasilkan tidak sesuai dengan SNI yang berlaku. Sehingga dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa krim tabir surya ekstrak etanol biji rambutan pada formula 4%, 6%, dan 8% tidak dapat dijadikan sebagai krim tabir surya dengan hasil SPF pada formula I 4% adalah 1,40 dan pada formula II memiliki nilai SPF adalah 1,54 dan nilai SPF tertinggi terdapat pada formula III 8% yaitu 1,55 . Sedangkan pengujian pH menghasilkan nilai yang masih sesuai dengan ketentuan SNI tentang pH kulit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Rahmat Abrasyi
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:01
Last Modified: 17 Jan 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item
View Item