Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Diagnostic Three Tier pada Materi Konsep Mol di MAN 3 Aceh Besar

Noer Chaliq, 180208028 (2022) Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Diagnostic Three Tier pada Materi Konsep Mol di MAN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Diagnostic Three Tier pada Materi Konsep Mol di MAN 3 Aceh Besar] Text (Identifikasi Miskonsepsi dengan Menggunakan Diagnostic Three Tier pada Materi Konsep Mol di MAN 3 Aceh Besar)
Noer_Chaliq_Skripsi_Revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB)

Abstract

Hasil nilai KKM mata pelajaran kimia pada materi konsep mol di kelas X MAN 3 Aceh Besar, menunujukkan masih terdapat beberapa siswa dengan nilai rendah. Hal ini diakibatkan banyaknya penggunaan bahasa yang sulit untuk dipahami dan tidak didukung contoh soal yang jelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 3 Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode deskriptif kualititatif. Data dan Informasi dikumpulkan melalui tes tiga tingkat (three tier test). Tahap pertama merupakan pertanyaan pilihan ganda, tahap kedua menanyakan alasan dari jawaban pertama, dan tahap ketiga menjawab yakin atau tidak yakin dari jawaban tahap pertama dan tahap kedua. Kemudian data tersebut dianalisis melalui pemberian skor dan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 25 siswa di kelas X-MIA 1 diketahui bahwa 24,4% siswa paham konsep, 33,2% mengalami miskonsepsi dengan false positive sebesar 1,2% dan false negative sebesar 32%, serta 42,4% siswa mengalami tidak paham konsep (lack of knowledge). Miskonsepsi yang terjadi pada materi konsep mol terdapat pada indikator materi menerapkan konsep massa molekul relatif, dan menetukan rumus empiris, rumus molekul, serta kadar zat dalam suatu senyawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Noer Chaliq Chaliq
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:03
Last Modified: 17 Jan 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25633

Actions (login required)

View Item
View Item