Analisis Strategi Manajemen Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Usaha Kuliner Adee Kak Nah di Kecamatan Meureudu)

Maulida, 150602084 (2022) Analisis Strategi Manajemen Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Usaha Kuliner Adee Kak Nah di Kecamatan Meureudu). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Manajemen Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Usaha Kuliner Adee Kak Nah di Kecamatan Meureudu)] Text (Analisis Strategi Manajemen Bisnis Kuliner Dalam Perspektif Ekonomi Islam” (Studi Pada Usaha Kuliner Adee Kak Nah di Kecamatan Meureudu))
Maulida, 150602084, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi Manajemen Bisnis Usaha Kuliner dalam Perspektif Ekonomi Islam pada Usaha Adee Kak Nah di Kecamatan Meureudu. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menggunakan pengamatan dan wawancara dalam pengumpulan data di lapangan, sumber data yang dipakai berupa data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yaitu 1 orang pemilik dan 7 orang karyawan Usaha Kue Adee Kak Nah. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa Strategi manajemen bisnis Usaha Adee Kah Nah meliputi 4 komponen, yaitu planning, organizing, actuating dan controlling. Planning yang dilakukan dengan memproduksi adee sesuai dengan pesanan supaya tidak berlebihan sehingga kualitas kue Adee tetap terjaga dan selalu baru. Kedua, Organizing disini berupa Karyawan yang telah diterima akan diberi bimbingan terlebih dahulu sebelum bekerja, seperti dibimbing cara membuat adee yang enak dan terjaga kualitasnya. Ketiga, Actuating disini yaitu membimbing setiap karyawan dalam melakukan setiap tugasnya, mulai dari bekerja tepat waktu. Keempat, Controlling berupa mengawasi langsung karyawannya dan menegur langsung apabila terjadi kesalahan yang dilakukan oleh karyawan. Strategi manajemen bisnis sesuai dengan prinsip ekonomi Islam dengan 3 pilar berupa tauhid, syariah dan akhlak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:05
Last Modified: 17 Jan 2023 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25639

Actions (login required)

View Item
View Item