Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Perkalian Kelas IV MIN 3 Aceh Besar

Sarah Faradhiba, 180209118 (2023) Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Perkalian Kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Perkalian Kelas IV MIN 3 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Perkalian Kelas IV MIN 3 Aceh Besar)
Sarah Faradhiba, 180209118, FTK, PGMI, 085260902879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Pada saat proses pembelajaran ditemukan permasalahan terkait siswa yang kesulitan melakukan operasi hitung perkalian jika semakin besar digit angka yang dikalikan. Keadaan seperti ini berulang kali terjadi, akibatnya nilai yang diperoleh siswa selalu di bawah KKM dan kemampuan matematika siswa cenderung rendah dan mengakibatkan turunnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu penerapan metode jarimatika merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkalian. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar. 2). Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar. 3). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode jarimatika kelas IV MIN 3 Aceh Besar. Jumlah siswa di kelas IV-B adalah 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dengan hasil data yang dianalisis adalah sebagai berikut: 1). Analisis data aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 76,7% (baik), Analisis data aktivitas guru pada siklus II meningkat dengan persentase 90% (baik sekali), dan analisis data aktivitas guru pada siklus III terus mengalami peningkatan dengan persentase 98,3% (baik sekali). 2). Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai persentase 67,8% (baik), sedangkan pada siklus II dengan nilai 89,2% (baik sekali), dan terus mengalami peningkatan pada siklus III dengan nilai persentase 94,6% (baik sekali). 3). Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I, II dan III mengalami peningkatan persiklusnya. Pada siklus I persentase yang diperoleh adalah 22,6%, meningkat pada siklus II dengan persentase 70,6% dan meningkat lagi pada siklus III dengan persentase 93,3%. Hasil post test menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tergolong pada kriteria baik sekali dengan persentase 97,3%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi perkalian kelas IV MIN 3 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Hasil Belajar.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarah faradhiba Sarah
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:14
Last Modified: 17 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25644

Actions (login required)

View Item
View Item