Kajian Literatur Terstruktur Terhadap Kebocoran Data Pribadi dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi

T. Rahmat Kautsar, 180802084 (2022) Kajian Literatur Terstruktur Terhadap Kebocoran Data Pribadi dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kajian Literatur Terstruktur Terhadap Kebocoran Data Pribadi dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi] Text (Kajian Literatur Terstruktur Terhadap Kebocoran Data Pribadi dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi)
T. Rahmat Kausar, 180802084, FISIP, IAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat seperti sekarang membuat apapun bisa diakses hanya melalui internet, dengan kebebasan yang ada saat ini memberi ruang kepada siapapun untuk mengakses apapun termasuk data pribadi orang lain. Banyaknya kasus kebocoran data pribadi membuat keresahan akan jaminan privasi masyarakat. Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi mewajibkan kepada setiap orang, Badan Publik dan Organisasi Internasional untuk menjaga keamanan data pribadi. Apa Saja faktor yang menyebabkan terjadinya kebocoran data pribadi dan apakah Regulasi Perlindungan Data Pribadi sudah mengatur hal-hal yang mengatur terkait kebocoran data pribadi. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur terstruktur untuk melihat faktor-faktor penyebab kebocoran data pribadi di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga faktor penyebab terjadinya kebocoran data pribadi yaitu: Standar Operasional Prosedur (SOP), Sumber Daya Manusia (SDM) dan terakhir Teknologi kemudian di clusterkan berdasarkan 63 kajian penelitian yang dipublish di Google Cendikia. Pembahasan mengenai SOP paling banyak diteliti dan disusul oleh pembahasan SDM dan Teknologi. Regulasi Perlindungan Data Pribadi belum mengatur bagaimana Sumber Daya Manusia sebagai pengendali data pribadi dan Teknologi yang memiliki tingkat keamanan tinggi mengingat kedua faktor ini mempengaruhi kebocoran data pribadi yang terjadi di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: T. Rahmat Kautsar Rahmat
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:06
Last Modified: 17 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25647

Actions (login required)

View Item
View Item