Revitalisasi Hukum Adat Dalam Tindak Pidana Kekerasan Rumah Tangga Di Gampong Punge Jurong Kecamatan Meuraxa Banda Aceh

Muhammad Ilham, 170104107 (2023) Revitalisasi Hukum Adat Dalam Tindak Pidana Kekerasan Rumah Tangga Di Gampong Punge Jurong Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Revitalisasi Hukum Adat Dalam Tindak Pidana Kekerasan Rumah Tangga Di Gampong Punge Jurong Kecamatan Meuraxa Banda Aceh] Text (Revitalisasi Hukum Adat Dalam Tindak Pidana Kekerasan Rumah Tangga Di Gampong Punge Jurong Kecamatan Meuraxa Banda Aceh)
Muhammad Ilham, 170104107, FSH, HPI, 082362002664.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

KDRT adalah salah satu perselisihan yang dapat diselesaikan melalui peradilan adat sebagaimana telah diatur dalam Qanun Nomor 10 Tahun 2008 tentang lembaga adat mengatur lebih lanjut penyelesaian masalah sosial kemasyarakatan. Adapun pertanyaan penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: pertama, bagaimana penyelesaian hukum adat pada kasus KDRT di Gampong Punge Jurong? Kedua, apa saja faktor yang menimbulkan KDRT? Ketiga, bagaimana pandangan Islam terhadap penyelesaian KDRT menggunakan hukum adat? Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data lapangan (field research) dan data pustaka (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, penyelesaian hukum adat pada kasus KDRT di Punge Jurong diselesaikan dengan Strata Pelaporan, Penerimaan Laporan, Strata Persidangan, Strata Pembacaan putusan dan selanjutnya adalah tahapan pembacaan putusan terhadap sengketa pidana KDRT. Kedua faktor yang menimbulkan KDRT antara lain Kekerasan Emosional, Penelantaran Rumah Tangga (Kekerasan Ekonomi), dan Kekerasan Psikis. Ketiga penyelesaian kasus KDRT di Gampong Punge Jurong sudah sesuai dengan syariat islam yaitu memakai aparatur Gampong seperti Tgk Imum dengan memberikan nasehat dalam bentuk ceramah yang terkandung nilai-nilai keislaman.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Muhammad Ilham
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:06
Last Modified: 17 Jan 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25648

Actions (login required)

View Item
View Item