Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Pemanfaatan Media Kartu Identifikasi dan Metode Eksperimen pada Materi Protista di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Zahriatul Jannah, 281324912 (2017) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Pemanfaatan Media Kartu Identifikasi dan Metode Eksperimen pada Materi Protista di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Media Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Media Pembelajaran)
ZAHRIATUL JANNAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of From B dan From D.pdf]
Preview
Text
From B dan From D.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemanfaatan media dan metode yang digunakan oleh guru kurang variasi menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan pemilihan media dan metode yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pertanyaaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan pemanfaatan media kartu identifikasi dan metode eksperimen pada materi Protista kelas X di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar? apakah pemanfaatan media kartu identifikasi dan metode eksperimen pada materi Protista kelas X dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar? Rancangan penelitian yang digunakan yaitu pre experimental dengan bentuk one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya yang terdiri dari 3 kelas yaitu X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 3 yang berjumlah 23 siswa dengan menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data untuk melihat aktivitas siswa dengan menggunakan non test melalui lembar observasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan test yaitu pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil aktivitas siswa pada pertemuan pertama yaitu 70,45% kategori aktif dan terjadi peningkatan pada pertemuan kedua yaitu 89,77% kategori sangat aktif. Adapun hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pre-test 30,43 menjadi nilai rata-rata post-test 81,08. Hasil pengujian hipotesis di peroleh nilai thitung >ttabel (thitung =20,92 > ttabel =1,72), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu identifikasi dan metode eksperimen pada materi protista dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Eriawati, M.Pd; 2. Nafisah Hanim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Identifikasi, Metode Eksperimen, Aktivitas,dan Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Zahriatul Jannah
Date Deposited: 20 Feb 2018 04:37
Last Modified: 20 Feb 2018 04:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item
View Item