Penggunaan Media Animasi Animaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Banda Aceh

Tursina Akmalita, 180209110 (2023) Penggunaan Media Animasi Animaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Animasi Animaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Banda Aceh] Text (Penggunaan Media Animasi Animaker Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 32 Banda Aceh)
Tursina Akmalita, 180209110, FTK, PGMI, 082277737624.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN 32 Banda Aceh dalam proses pembelajaran selama ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dan kurang memperhatikan saat guru menjelaskan karena kurangnya minat untuk belajar sehingga menyebabkan siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan Media Animasi Animaker pada materi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan 4. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: 1). Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penggunaan media animasi animaker dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 32 Banda Aceh. 2).Untuk mengetahui aktivitas siswa dengan penggunaan media animasi animaker dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 32 Banda Aceh. 3). Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi animaker. Jumlah siswa di kelas Vb adalah 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar tes hasil belajar. Data tersebut dihitung menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 71,59% masuk dalam kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,77% kategori baik sekali.sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai sebesar 63,63% termasuk dalam kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,22% menjadi kategori baik sekali. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai I sebesar 48% terdapat sebanyak 12 siswa yang tuntas dan 13 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya dalam kategori kurang dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 88% dimana ada 22 siswa yang tuntas hasil belajarnya dan 3 siswa yang tidak tuntas hasil belajarnya. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa dengan adanya Penggunaan Media Animasi Animaker maka dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media Animasi Animaker, Hasil Belajar.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tursina Akmalita Tursina
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:14
Last Modified: 17 Jan 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25654

Actions (login required)

View Item
View Item