Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Renovasi Rumah Fakir Miskin (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh)

Rismaniar, 180603099 (2022) Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Renovasi Rumah Fakir Miskin (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Renovasi Rumah Fakir Miskin (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh)] Text (Efektivitas Penyaluran Progam Bantuan Renovasi Rumah Fakir Miskin (Studi Pada Baitul Mal Kota Banda Aceh))
Rismaniar, 180603099, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu program yang dikembangkan oleh Baitul Mal Banda Aceh adalah menyalurkan bantuan renovasi rumah kepada fakir miskin. Penelitian ini bertujuan menelaah lebih dalam apakah mekanisme penyalurannya berjalan efektif atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, menggunakan metode wawancara. Adapun hasil penelitian ini dilihat dari mekanismenya pengajuan rumah bantuan harus memenuhi persyaratan yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari Baitul Mal. Untuk pengajuan rumah bantuan, itu diatur dalam keputusan ketua Baitul Mal tentang mekanisme atau SOP bagi penerima manfaat rumah layak huni. Kemudian berdasarkan beberapa indikator yang digunakan sebagai pengukur efektivitas penyaluran rumah melalui progam bantuan renovasi rumah fakir miskin yang dilakukan baitul sudah bagus. Namun dilihat dari segi pelaksanaannya belum sepenuhnya tepat, seperti tepat jumlah, tepat administrasi, dan tepat kualitas karena ada beberapa kendala dalam penyaluran rumah tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Rismaniar Rismaniar
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:46
Last Modified: 18 Jan 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25660

Actions (login required)

View Item
View Item